cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
analisis pengaruh perekembangan teknologi terhadap kegiatan pasar tradisonal Fauziah; Hartono, Rudi; Heryadi, Adie
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh perkembangan teknologi berdampak pada kegiatan pasar konvensional. Penelitian ini memfokuskan pada interaksi antara pedagang dan konsumen, efisiensi operasional, dan daya saing dengan pasar kontemporer. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan studi kasus dilakukan di beberapa pasar tradisional yang telah menggunakan teknologi seperti sistem pembayaran elektronik dan aplikasi pemasaran digital. Selain wawancara dan observasi langsung dengan pedagang dan konsumen, data dikumpulkan melalui penelitian literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memengaruhi pasar tradisional dengan cara ganda: ia meningkatkan efisiensi transaksi dan membuka pasar bagi pedagang yang mampu beradaptasi. Namun, beberapa pedagang menghadapi kesulitan untuk memahami dan menerapkan teknologi baru. Selain itu, tekanan dari pasar modern untuk beradaptasi dengan teknologi yang lebih cepat juga memengaruhi keberlangsungan pasar tradisional. Agar pedagang pasar tradisional tetap kompetitif dalam menghadapi perubahan, penelitian ini merekomendasikan bahwa mereka membutuhkan program pelatihan teknologi dan dukungan kebijakan dari pemerintah untuk mendukung integrasi teknologi di pasar tradisional agar mereka dapat bersaing secara adil di era digital.
PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS FLIP BOOK PADA MATA PELAJARAN CHASSIS DAN PEMINDAH TENAGA SISTEM REM PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SAGARANTEN KABUPATEN SUKABUMI Permana, Asep; Ibdalsyah, Ibdalsyah; Hartono, Rudi
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v14i1.20878

Abstract

This study aims to develop a Flip Book-based E-Module as an interactive learning medium for the subject of Chassis and Power Transmission Brake Systems for Grade XI students majoring in Light Vehicle Engineering at SMK Negeri 1 Sagaranten, Sukabumi Regency. The development addresses the challenges of vocational education, which is still dominated by conventional methods and lacks instructional media capable of presenting technical content visually and engagingly. The research employed a Research and Development (R&D) method by combining the ADDIE and Dick & Carey instructional design models. The development stages included needs analysis, design, prototype development, expert validation, and limited trials with students. The validation results from subject matter experts, media experts, and instructional design experts showed that the developed E-Module is highly feasible for use, with respective validation scores of 92%, 93%, and 94%. Small- and medium-group trials also demonstrated positive student responses, with feasibility scores of 89% and 91%, respectively. Furthermore, the effectiveness test using pre-test and post-test methods indicated a significant increase of 55% in students' learning outcomes after using the Flip Book-based E-Module. These findings confirm that the Flip Book-based E-Module is not only feasible but also effective in enhancing the quality of vocational learning. The product is expected to serve as an alternative digital learning medium that supports the implementation of the Merdeka Curriculum. Additionally, this digital module has the potential to strengthen students’ digital literacy and independent learning in the era of Education 4.0.
STUDI LITERASI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA (MATERI MASA PUBERTAS) DI KELAS VI SD NEGERI PAKUHAJI KABUPATEN SUKABUMI Nurelita, Risa; Arief, Zainal Abidin; Ibdalsyah, Ibdalsyah
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v14i1.20898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi masa pubertas di kelas VI SD Negeri Pakuhaji Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Hannafin and Peck, yang meliputi tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas VI SD Negeri Pakuhaji. Hasil uji kelayakan oleh ahli media, ahli desain instruksional, dan ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase masing-masing 91,11%, 94%, dan 96%. Selain itu, uji efektivitas menggunakan N-Gain Score menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,75 (kategori tinggi) dan efektivitas sebesar 75,32% (kategori efektif). Ini membuktikan bahwa pengembangan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi masa pubertas
Efektivitas Media Wordwall sebagai Game Edukatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Tata Surya pada Siswa Kelas VI SD Negri Sirnarasa Kabupaten Sukabumi Herlianty, Eneng Eli; Tanjung, Hendri; Hartono, Rudi
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v14i1.20904

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran materi sistem tata surya yang bersifat abstrak dan sulit dipahami siswa jika hanya disampaikan melalui metode konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas media Wordwall sebagai game edukatif dalam pembelajaran IPAS untuk siswa kelas VI di SD Negeri Sirnarasa, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dipadukan dengan langkah-langkah dari Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, serta tes pre-test dan post-test. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan pengukuran efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score. Proses pengembangan media melibatkan validasi dari tiga pakar, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Wordwall memperoleh skor sebesar 89% dari ahli materi, 91% dari ahli media, dan 90% dari ahli desain instruksional. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media ini juga tinggi, dengan skor 90%. Semua hasil tersebut termasuk dalam kategori “sangat layak”. Untuk mengetahui efektivitas media, dilakukan pre-test dan post-test, lalu dianalisis menggunakan N-Gain. Hasilnya menunjukkan presentase N-Gain sebesar 90%, yang menandakan bahwa penggunaan Wordwall sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi sistem tata surya.
Pengembangan e-modul Bahasa Inggris berbasis pendekatan Contextual Learning pada materi “My Class Schedule” untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengkong Haerani, Erni; Arief, Zainal Abidin; Ibdalsyah, Ibdalsyah
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Contextual Learning pada materi My Class Schedule untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 1 Lengkong. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang kontekstual dan interaktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall yang dipadukan dengan model ADDIE melalui tujuh tahapan, yaitu: (1) Analysis, (2) Design and Planning, (3) Development, (4) Preliminary Testing and Revision, (5) Implementation, (6) Evaluation and Final Revision, dan (7) Dissemination and Implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, angket respon pengguna (guru dan peserta didik), serta tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media (85%), ahli desain (95%), dan ahli materi (93%) menunjukkan bahwa E-Modul tergolong sangat layak. Respon guru (93%) dan peserta didik (92%) juga menunjukkan penerimaan yang sangat baik. Uji efektivitas dengan rumus N-Gain menunjukkan hasil 0,90 atau 90%, yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian, E-Modul berbasis Contextual Learning terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi My Class Schedule. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan E-Modul serupa diterapkan pada materi dan jenjang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.
PENGEMBANGAN MEDIA WORDWALL BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT TSABITA BOGOR Supangat, Rialita; Widyasari, Widyasari; Hartono, Rudi
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v14i1.21009

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media wordwall dalam meningkatkan keaksaraan awal mengenal huruf di TKIT Tsabita Bogor. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi terhadap siswa, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif masih kurang dan siswa terlihat pasif serta kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang diintegrasikan dengan model Borg and Gall. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas B di TKIT Tsabita Bogor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan N-Gain. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil uji kelayakan dari ahli materi diperoleh angka sebesar 98%, ahli desain instruksional 98%, ahli desain media sebesar 89%. Hasil pengujian efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score, didapat hasil sebesar 0,86 dengan kategori tinggi dan konversi tingkat pencapaian adalah cukup efektif. dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media wordwall berbasis game edukasi untuk meningkatkan keaksaraan awal mengenal huruf anak usia 5-6 tahun TKIT Tsabita Bogor sangat layak dan efektif untuk digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6