Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelejaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TJKT SMK Negeri 1 Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksprimental dengan rancangan none-equevalent only control group desain yaitu desain penelitian melibatkan dua kelompok sebagai kelas eksprimen dan kelas control yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X Jurusan TJKT SMK Negeri 1 Bone. Satuan kelas eksprimen terdiri dari 36 siswa dan kelas control 36 siswa dengan jumlah populasi peserta didik 108 orang. Penelitian dalam satu kelas dilaksanakan 4 kali pertemuan kelas eksprimen dan 4 kali pertemuan kelas control. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan hasil nilai signifikan kelas eksprimen sebesar 0,18>0,05 berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pretest dan posttest pada kelompok eksprimen. Seadangkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok control diperoleh nilai signifikan sebesar 0,02<0,05 yang berarti terhadap perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model make a match yang berarti H0 di tolak H1 di terima. Maka dapat di pahami terhadap pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TJKT SMK Negeri 1 Bone
Copyrights © 2024