BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2024): BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, Februari 2024

PENGARUH KELOMPOK BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Nureki (Unknown)
Syamsuria (Unknown)
Emmi Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X MIPA di MA DDI Massenreng Pulu yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pretest-posttest yang dibagikan kepada siswa kelas eksperimen. Dan tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis tingkat kesukaran soal serta daya beda. Perbandingan nilai hasil pretest dan postest diperoleh dari nilai rata-rata siswa sebelum diterapkan metode kelompok belajar sebesar 60,92 sedangkan setelah diterapkan metode kelompok belajar diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 80,18. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode kelompok belajar, atau dengan kata lain terdapat pengaruh kelompok belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

begibung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ...