Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan eksperimen. Desain pada pnelitian ini yaitu Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Only Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode snowball drilling terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 7 Bone. Sampel terdiri atas kelas X1 dan X4 SMK Negeri 7 Bone sebagai kelas kontrol maupun eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan hasil nilai signifikansi kelompok kontrol sebesar 0.306 > 0.05, yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pretest dan postest pada kelompok kontrol. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode snowball drilling yang artinya H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat dipahami bahwa terdapat pengaruh metode snowball drilling terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMK Negeri 7 Bone.
Copyrights © 2024