BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 3 (2024): BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juli 2024

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 30 BONE

Rudi Ade Saputra (Unknown)
Hamka (Unknown)
H. Sandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang akan mengkaji data secara mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experimental research). Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 30 Bone yang berjumlah 86. Sampel dalam penelitian ini yaitu satu kelas yakni kelas X MIPA yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pembelajaran ekonomi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis data bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan menggunakan media prezi berpengaruh signifikan positif pada hasil belajar siswa pada pembelajaran siswa kelas X MIPA SMA Negeri 30 Bone. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai hasil belajar pada test awal (pretest) sebanyak 72,85% atau berada pada kategori sedang pada interval 55-74 kemudian pada tes akhir (postest) bebeda jauh dari sebelumnya yaitu 84,28% atau berada pada kategori tinggi pada interval 75-89 dengan tingkat perbedaan persentase yaitu 11,43.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

begibung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ...