Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pembelajaran Saintifik pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 22 Bone, Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain PTK dalam penelitian ini menggunakan model MC Niff yang meliputi empat alur (Langkah), yaitu (1) Perencanaan Tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Observasi; dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS 1 SMAN 22 Bone dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif . penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran Saintifik. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perolehan siswa pada siklus I rata -ratanya sebesar 60% yang berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II terdapat minat belajar dengan nilai rata- rata kelas 81% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat dilihat pada peningkatan minat belajar siswa pada siklus II yang mengalami peningkatan signifikan.
Copyrights © 2024