Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring berbasis google meet terhadap pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus kelas X SMA Yapim Taruna Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus tahun 2021. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dimana siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan google classroom dan group whatsapp sedangkan kelas eksperimen menggunakan google meet dan group whatsapp pada saat proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group desains. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test eksperimen yaitu 79,25 dan nilai rata-rata post-test kontrol yaitu 66. Besar uji non parametrik diperoleh hasil 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis google meet dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Copyrights © 2024