JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 30, No 1 (2024): JANUARI-MARET

LOKAKARYA GURU SMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Lukman, Isna Rezkia (Unknown)
Mellyzar, Mellyzar (Unknown)
Siraj, Siraj (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Program merdeka belajar dianggap sebagai konsep revitalisasi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hasil analisis terhadap mitra guru SMA se-Aceh Utara ditemui permasalahan utama yaitu kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dalam pembajaran cenderung pasif dan berdampak pada pencapaian kompetensi siswa. Permasalahan lainnya yaitu guru belum mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik, dari tinjauan pelaksanaan proses belajar mengajar yang cenderung student-centered learning dan masih memberikan soal latihan atau tes kepada siswa sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Pemberian materi mengenai kurikulum merdeka serta cara mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran serta pelatihan dan pendampingan perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kepada guru dapat meningkatkan pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum merdeka. Adapun target dari kegiatan ini diantaranya: 1) kemampuan guru dalam merancang projek selama proses pembelajaran meningkat, 2) minat dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar tinggi, dan 3) jumlah bahan ajar yang menunjang P5 meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...