Perkembangan akan teknologi robotika saat sekarang ini semakin pesat dan luas. Pembelajaran robotik di harapkan mendukung siswa untuk mendapatkan materi yang saling terintegrasi antara subyek pelajaran Science (sains), Technology (teknologi), Engineering (teknik), dan Mathematics (matematika) atau dikenal dengan istilah STEM. Implementasi robotika ini memerlukan komponen-komponen robot seperti mikrokontroller, motor servo, joystik dan lainnya. Dengan adanya pengenalan dan pengimplementasian tentang robotik ini menjadikan siswa-siswa SMK dapat memahami dan mengerti bagaimana sistem kerja yang ada pada robot lengan. Maka dengan adanya kegiatan PKM ini pula siswa SMK nantinya bisa mengaplikasikan atau dalam pembelajaran. Hasil kegiatan perakitan robot lengan ini terjadi peningkatan pemahaman pada siswa dari 25% menjadi 78% Abstract The development of robotics technology is currently increasingly rapid and extensive. Robotic learning is expected to support students in getting integrated material between the subjects of Science (science), Technology (technology), Engineering (engineering), and Mathematics (mathematics) or known as STEM. This robotics implementation requires robot components such as microcontrollers, servo motors, joysticks and others. With the introduction and implementation of robotics, vocational school students can understand and comprehend how the robot arm system works. So with this PKM activity, vocational school students will be able to apply it or learn. As a result of this robot arm assembly activity, students' understanding increased from 25% to 78%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024