Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024

Persepsi Mahasiswa terhadap Aturan Berpakaian di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Pratama, Febriansyah (Unknown)
Dwifitri, Azahra Risti (Unknown)
Armadani, Melan (Unknown)
Han, Muhammad Alif (Unknown)
Pratama, Rizky Rori (Unknown)
Ariani, Sasqia Bunga (Unknown)
Fajriawati, Fajriawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Aturan berpakaian merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah universitas, terutama universitas yang berbasis Islam. Aturan berpakaian dapat mempengaruhi citra dan kredibilitas universitas di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap aturan berpakaian di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian adalah mahasiswa UMSU yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui aturan berpakaian yang berlaku di UMSU, jarang melanggar aturan berpakaian, dan setuju bahwa aturan berpakaian perlu diperketat. Mahasiswa juga memiliki sikap yang positif terhadap mahasiswa lain yang melanggar aturan berpakaian, yaitu memberi peringatan dan saran. Mahasiswa menyadari bahwa dampak dari melanggar aturan berpakaian adalah menjadi pusat perhatian dan menurunkan citra dan kredibilitas universitas. Mahasiswa juga memberikan saran untuk meningkatkan kepatuhan terhadap aturan berpakaian, yaitu dengan memberikan sangsi yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...