Studi kasus ini berawal dari nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP kurang dari setengah, hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa hanya ada beberapa peserta didik yang memenuhi titik potong 72 poin rata-rata, sedangkan titik potong minimum 75 poin dipenuhi oleh beberapa peserta yang tersisa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui signifikansi penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Serbajadi pada mata pelajaran PABP dan mengetahui signifikansi minat baca dan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 SERBAJADI pada mata pelajaran PABP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 dan peneliti mengambil sampel sejumlah 159 responden. Instrument pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,2% . 2) Minat baca siswa dominan dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,8%. 3) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan prosentase sebesar 74,8%. 4) Minat baca berpengaruh signifikan sebesar 41,9%. 5) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh signifikan sebesar 41,8%. 6) Minat baca dan penerapan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan sebesar 47,8% terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Serbajadi Pada Mata pelajaran PABP
Copyrights © 2024