Unit Gawat Darurat (UGD) adalah salah satu layanan utama di RSUD Cilacap yang siap memberikan pelayanan pasien gawat darurat yaitu pasien dengan ancaman kematian dan perlu pertolongan segera, pasien memerlukan bantuan namun dengan tingkat cedera yang kurang berat serta dipastikan tidak mengalami ancaman jiwa dalam waktu dekat, dan pasien dengan cedera minor setingkat penyakit yang tidak membutuhkan pertolongan segera dan tidak mengancam nyawa serta tidak menimbulkan kecacatan. UGD RSUD Cilacap melakukan pelayanan selama 24 jam sehingga membutuhkan pegawai yang berkinerja tinggi setiap harinya. Namun kenyataannya, capaian Standar Pelayanan Minimal RSUD Cilacap Tahun 2020 masih terdapat indikator yang belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai UGD RSUD Cilacap, 2). Mengetahui pengaruh tingkat kemangkiran kerja terhadap kinerja pegawai UGD RSUD Cilacap, dan 3). Mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan tingkat kemangkiran kerja terhadap kinerja pegawai UGD RSUD Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kemudian data diinterpretasi untuk menghasilkan data deskriptif serta analisis data menggunakan regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan tingkat kemangkiran berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Apabila kepuasan kerja semakin baik dan tingkat kemangkiran semakin rendah, maka kinerja pegawai juga akan semakin meningkat, begitu pula sebaliknya.
Copyrights © 2023