Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 19 No. 1 (2024): Mei: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS

Zulfikar Ihkam Al-Baihaqi (Unknown)
Adi Haironi (Unknown)
Hilalludin, Hilalludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi individu dan membentuk karakter yang baik. Salah satu tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang berakhlak mulia dan religius. Dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI), guru memiliki peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa guru PAI menggunakan strategi terencana dan sistematis untuk menyampaikan, mentransformasi, dan menginternalisasi nilai-nilai Islam agar siswa dapat membentuk kepribadian muslim yang utuh. Pendidikan karakter religius dalam Islam bertujuan untuk mengembangkan akhlak mulia dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Karakter religius terdiri dari pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral, yang kesemuanya saling terkait. Pendidikan karakter religius tidak hanya mencakup hubungan vertikal dengan Allah, tetapi juga hubungan horizontal dengan sesama manusia dan lingkungan. Pembentukan karakter religius pada siswa membutuhkan keteladanan, pengajaran, dan pembiasaan sikap agamis dalam lingkungan sekolah. Kesimpulannya, strategi guru PAI dalam pendidikan karakter religius memiliki peran penting dalam membentuk generasi muslim yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab di tengah-tengah masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...