Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 1 (2024): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

METODE SHOW AND TELL SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Rikmasari, Rima (Unknown)
Sumirat, Fanny (Unknown)
Mardiah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode studyliterature atau tinjauan literatur sistematis yang mengadaptasi dari metode Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis (PRISMA). Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa pencarian literatur online yang bersumber dari Google Scholar, Garuda, Dimensions dan ResearchGate. Kata kunci yang digunakan adalah “metode show and tell” DAN “keterampilan berbicara” DAN “bahasa indonesia” DAN “sekolah dasar”. Berdasarkan hasil pencarian secara keseluruhan didapatkan 237 jurnal, kemudian dilakukan tahap identifikasi, screening dan kelayakan, hanya terdapat 16 jurnal yang relevan dan sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan, dari hasil penelitian ini nilai keterampilan berbicara siswa berada di atas nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...