Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode studyliterature atau tinjauan literatur sistematis yang mengadaptasi dari metode Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis (PRISMA). Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa pencarian literatur online yang bersumber dari Google Scholar, Garuda, Dimensions dan ResearchGate. Kata kunci yang digunakan adalah “metode show and tell” DAN “keterampilan berbicara” DAN “bahasa indonesia” DAN “sekolah dasar”. Berdasarkan hasil pencarian secara keseluruhan didapatkan 237 jurnal, kemudian dilakukan tahap identifikasi, screening dan kelayakan, hanya terdapat 16 jurnal yang relevan dan sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan, dari hasil penelitian ini nilai keterampilan berbicara siswa berada di atas nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Copyrights © 2024