Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
Vol 7 No 1 (2024): Maret

Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kendari

Melati, Melati (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Lamote, Hasrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 orang siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sampale t Test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran Fisika berbasis video animasi terlaksana secara efektif. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 0,592 > ttabel = 2,000 3) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran di SMA 5 Negeri Kendari. Hasil pengujian  hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 3,257 > ttabel = 2,000 dan hasil pengujian  hipotesis pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran diperoleh nilai thitung = 8,204 > ttabel = 2,000. 4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan pembelajaran di SMA Negeri 5 Kendari dengan perolehan nilai thitung = 4,350 > ttabel = 2,000.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpfs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and ...