Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada kelas IV SDN Nayu Barat 1 Surakarta. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif komparatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa berjenis laki-laki dan 6 orang siswa berjenis kelamin perempuan. Indikator keberhasilan yang harus dicapai dengan nilai ketuntasan rata-rata 85%. Hasil kesimpulan penelitian ini bahwa, pada pra siklus didapatkan hasil yang kurang memuaskan. Dengan hasil rata-rata nilai sebesar 73,75% dengan jumlah persentase ketuntasan 48,16% sehingga hasil belajar rendah. Pada siklus I telah diterapkan model pembelajaran TGT, dengan hasil rata-rata nilai sebesar 74,69% dengan jumlah persentase ketuntasan 62,5%. Dan pada siklus II hasil rata-rata nilai sebesar 78,43% dengan jumlah persentase ketuntasan 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan nilai hasil belajar dan persentase ketuntasan pembelajaran mengalami peningkatan dan melebihi KKM. Sehingga model pembelajaran TGT dapat dikatakan berhasil dengan baik.
Copyrights © 2024