Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap bidang pendidikan. Khususnya pengembangan media pembelajaran. Namun, dalam proses pembelajaran di lapangan masih terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan salah satunya adalah tidak memaksimalkan penggunaan media pembelajaran sehingga masih menggunakan media pembelajaran konvensional berupa papan tulis. Selain itu, sumber belajar yang digunakan berupa buku cetak hanya berisikan teks atau tulisan saja, membuat siswa menjadi malas membaca yang berakibat pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sejarah. Untuk itu, dibutuhkan suatu pengembangan terhadap media pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Peneliti berinisiatif mengembangkan komik berbasis digital untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencapaian hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah indonesia. tujuan penelitian 1) untuk mengembangkan media komik digital pada materi proklamasi kemerdekaan indonesia kelas XI IPS. 2) untuk mengetahui timgkat keberhasilan belajar siswa menggunakan media komik digital. 3) untuk melihat respon siswa dan guru terhadap kelayakan media komik digital. Research and Development (RD) ini dilakukan menggunakan model ADDIE. dalam proses pembelajaran setelah di lakukan validasi oleh ahli media, materi, siswa dan guru. Hasil validasi ahli media sebesar 95% dengan katagori sangat layak, validasi ahli materi sebesar 97% dengan katagori sangat layak. Perbandingan rata-rata hasil Pretest dan Posttest siswa sebesar 84,4 dan 57,2 dengan selisih perbandingan (nilai Gain) sebesar 0,78 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media komik digital. Hasil kelayakan media komik berdasarkankan respon siswa dan guru sebesar 4,6 dan 4,9 dengan katagori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas XI IPS.
Copyrights © 2024