Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas IV di SDN Pasirbitung. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis penelitian dokumen, wawancara dan dokumentasi. Model analisis interaksi Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data. Analisis data menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan terhadap materi sumber daya alam, sumber daya material, kegiatan ekonomi, tenaga kerja dan keragaman kerajaan yang ada di Indonesia pada zaman Hindu, Budha, dan Islam. Salah satu kesulitan dalam belajar adalah memahami materi pelajaran atau tugas dan mudah lupa setelah mempelajarinya. Kesulitan muncul karena siswa merasa materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terlalu banyak sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman, kurang nya minat terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), kurangnya dukungan orang tua dalam pembelajaran, dan kurangnya materi pembelajaran. Upaya mengatasi kesulitan dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): guru memantau aktivitas belajar siswa dan hasil akademik, melakukan panggilan telepon, berbicara dengan orang tua siswa yang mengalami kesulitan, dan memberikan informasi di internet dan membiarkan mereka berpartisipasi dalam setiap pembelajaran. sementara itu, siswa juga membaca informasi dari buku, berkonsultasi dengan orang tua, dan mencari informasi lebih lanjut di Internet. Kajian ini berfungsi sebagai pedoman untuk meminimalisir kesulitan-kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024