Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami pendapat mahasiswa terkait Ideologi Pancasila di lingkungan perguruan tinggi. Melalui survei dan wawancara mendalam, data diperoleh dari sejumlah responden mahasiswa yang mewakili berbagai disiplin ilmu. Hasil penelitian mengungkapkan beragam perspektif dan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai dan prinsip Ideologi Pancasila. Temuan menyoroti kompleksitas interpretasi individu terhadap konsep-konsep kunci seperti gotong royong, keadilan sosial, dan demokrasi. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap Ideologi Pancasila. Implikasi dari temuan ini dalam konteks pendidikan tinggi dan pengembangan pemahaman ideologi nasional dibahas dalam diskusi. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman dan peningkatan kesadaran mahasiswa tentang Ideologi Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024