Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan publikasi artikel yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam berbasis metaverse. Dalam penelitian ini, aplikasi VOSViewer digunakan untuk melakukan analisis bibliometrik. Untuk mendapatkan artikel pada jurnal yang terindeks Google Scholar, aplikasi Publish or Perish digunakan untuk mengumpulkan data publikasi. Data yang diperoleh mencakup 197 artikel dari 200 artikel yang dicari dari tahun 2020-2024. Pada tahun 2020 terdapat 2 artikel, tahun 2021 menurun menjadi 1 artikel, tahun 2022 meningkat menjadi 48 artikel, dan tahun 2023 mengalami peningkatan drastis menjadi 110 artikel, serta tahun 2024 terdapat 36 artikel. Hasil menunjukkan bahwa telah terjadi perkembangan penelitian terkait pendidikan agama Islam berbasis metaverse pada 5 tahun terakhir. Perkembangan penelitian mengalami peningkatan pesat di tahun 2023. Topik yang baru-baru ini sering dan mulai dibahas selain dari kata kunci adalah islamic education, integration, islamic finance, higher education, dan technology. Selain dari topik-topik tersebut, ada beberapa topik seperti virtual reality, augmented reality, dan metaverse platform yang dapat menjadi bahan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian berdasarkan topik tersebut.
Copyrights © 2024