Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

PERBANDINGAN PENGARUH SISTEM BELAJAR ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP MOTIVASI DALAM KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK

Riska, Ria (Unknown)
Hidayat, Yasysyar (Unknown)
M. Natsir, Naedelasari Sri Wardani (Unknown)
Somakika, Resty Sari (Unknown)
Musfyradillah. M, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Studi ini mengkaji perbedaan dampak metode pembelajaran daring dan luring terhadap motivasi serta partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Mengadopsi desain kuasi-eksperimental, penelitian ini membagi 60 siswa SMKN 1 Pinrang yang dipilih secara acak menjadi dua kelompok: satu mengikuti pembelajaran daring dan lainnya luring. Pengumpulan data dilakukan melalui tes motivasi dan pengamatan tingkat keaktifan siswa. Analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam motivasi dan keaktifan antara kedua kelompok, dengan kelompok daring menunjukkan level yang lebih tinggi pada kedua aspek tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran daring dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam PJOK. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar pengajar PJOK mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran daring untuk meningkatkan capaian belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...