Pendidikan adalah pilar penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan individu, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan seperti fisika. Dalam konteks pendidikan fisika, pemahaman konsep adalah salah satu sasaran utama yang harus dicapai oleh mahasiswa. Namun, untuk mencapai pemahaman konsep yang optimal, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain motivasi dan kemampuan numerasi. Untuk mengukur pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa, uji regresi linier dapat digunakan sebagai metode analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi aljabar. Penelitian ini melibatkan populasi mahasiswa program Pendidikan Fisika, dengan sampel yang terdiri dari 30 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan soal atau tugas praktik. Analisis dilakukan menggunakan software SPSS untuk mengevaluasi apakah motivasi dan kemampuan numerasi mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi aljabar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengujian SPSS dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara H1 terhadap Y, tidak ada pengaruh H2 terhadap Y dan tidak ada pengaruh pengaruh H1 dan H2 terhadap Y secara simultan. Kemampuan numerasi merupakan komponen penting dalam memahami aljabar, maka perlu untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Pada penelitian sebelumnya pemahaman konsep hanya dihubungkan dengan motivasi dan minat belajar.
Copyrights © 2024