Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap pemahaman konsep Pendidikan Fisika pada materi induksi elektromagnetik. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dari 30 mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2023 melalui kuesioner, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat SPSS. Dari hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa baik motivasi maupun minat belajar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep mahasiswa secara individual maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,035 mengindikasikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 3,5%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis pertama (pengaruh X1 terhadap Y), hipotesis kedua (pengaruh X2 terhadap Y), dan hipotesis ketiga (pengaruh X1 dan X2 terhadap Y) semuanya ditolak.
Copyrights © 2024