Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

ANALISIS MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Khurizil Albis, M. Miftu (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Meilina, Ike Lusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap pemahaman konsep Pendidikan Fisika pada materi induksi elektromagnetik. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dari 30 mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2023 melalui kuesioner, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat  SPSS. Dari hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa baik motivasi maupun minat belajar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep mahasiswa secara individual maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,035 mengindikasikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 3,5%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis pertama (pengaruh X1 terhadap Y), hipotesis kedua (pengaruh X2 terhadap Y), dan hipotesis ketiga (pengaruh X1 dan X2 terhadap Y) semuanya ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...