Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY MELALUI PENDEKATAN STEAM GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

Mubarok, Wildan (Unknown)
Anugrah, Sherlynggar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis virtual reality menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan meningkatkan rasa ketertarikan peserta didik pada mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research dan development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, tahapan yang telah selesai dilakukan pada penelitian ini adalah implementasi skala kecil yang dilakukan kepada 35 peserta didik kelas X SMAN 1 Gedangan diakhiri dengan pemberian Google form kepuasan terhadap media pembelajaran yang berikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran Virtual Reality sebagai media pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM merupakan media pembelajaran yang efektif dan imersif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik SMA, dengan meningkatnya pemahaman konsep fisika akan menimbulkan ketertarikan peserta didik pada mata pelajaran fisika yang semakin tinggi khususnya pada materi besaran dan pengukuran. Pembelajaran fisika yang dikenal sebagai mata pelajaran yang bersifat kompleks dan sistematis dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui media pembelajaran Virtual Reality menggunakan pendekatan STEAM berhasil meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...