Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis virtual reality menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan meningkatkan rasa ketertarikan peserta didik pada mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research dan development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, tahapan yang telah selesai dilakukan pada penelitian ini adalah implementasi skala kecil yang dilakukan kepada 35 peserta didik kelas X SMAN 1 Gedangan diakhiri dengan pemberian Google form kepuasan terhadap media pembelajaran yang berikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran Virtual Reality sebagai media pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM merupakan media pembelajaran yang efektif dan imersif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik SMA, dengan meningkatnya pemahaman konsep fisika akan menimbulkan ketertarikan peserta didik pada mata pelajaran fisika yang semakin tinggi khususnya pada materi besaran dan pengukuran. Pembelajaran fisika yang dikenal sebagai mata pelajaran yang bersifat kompleks dan sistematis dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui media pembelajaran Virtual Reality menggunakan pendekatan STEAM berhasil meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024