Peran kepala sekolah dalam evaluasi dan supervisi BK adalah sebagai pemimpin, pembimbing, dan fasilitator. Kepala sekolah harus bekerja sama dengan guru BK dan pihak lain untuk memastikan bahwa program BK berjalan dengan efektif dan efisien. Bimbingan dan Konseling merupakan profesi yang keberadaannya sangat urgen dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Tanpa pelaksanaan bimbingan dan konseling, maka tujuan pendidikan dalam rangka membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal, baik dalam aspek kognitif, fisik, emosional, sosial, kepribadian, moral dan nilai-nilai, tidak mungkin dapat tercapai sesuai dengan diharapkan Menurut Gibson dan Mitchel evaluasi bimbingan konseling merupakan suatu proses untuk menilai efektivitas program atau aktifitas. Menurut Wheeler dan King (2012:28) supervisi bimbingan konseling merupakan suatu proses untuk menjaga standar konseling yang memadai dan suatu metode konsultasi dengan horizon yang lebih luas dari seorang praktisi yang berpengalaman.
Copyrights © 2024