Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah instrumen 1 tentang tes hasil belajar siswa dan instrumen 2 tentang aktivitas siswa. Hasil tes awal menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah 33,3 dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan pada Siklus I hasil belajar siswa adalah 66,7 dan pada Siklius II menjadi 86,7.Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada Siklus I adalah 60,85% dan pada Siklus II menjadi 93,35%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperartif Tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa MAS PP Darul Qur’an T.P. 2019/2020.
Copyrights © 2020