Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Komunikasi Pendidikan

Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Menulis Cerpen

Hendra, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT  di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah instrumen 1 tentang tes hasil belajar siswa dan instrumen 2 tentang aktivitas siswa. Hasil tes awal menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah  33,3 dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan pada Siklus I hasil belajar siswa adalah 66,7 dan pada Siklius II menjadi 86,7.Berdasarkan hasil observasi  aktivitas belajar siswa pada Siklus I  adalah 60,85% dan pada Siklus II menjadi 93,35%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperartif Tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa MAS PP Darul Qur’an T.P. 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...