Abstrak. Penggunaan alat peraga yang dibuat oleh guru merupakan salah satu cara yang dapat dipakai untuk mengatasi kendala dalam mengajarkan kosep fisika. Alat peraga menjadi alat bantu untuk menyampaikan informasi pengetahuan kepada peserta didik. Proses transfer informasi tersebut menjadi lebih mudah diterima dengan penggunaan model Discovery Learning. Model yang bersifat konstruktivis akan membantu peserta untuk membentuk konsep sehingga memberikan dampak pada kemampuan kognitif mereka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Negeri 41 Maluku Tengah, dengan subjek peserta didik kelas XI IPA sebanyak 11 orang. Data dikumpulkan melalui instrumen tes yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1). Kemampuan kognitif sebelum pembelajaran dimulai memperlihatkan secara keseluruhan gagal untuk mencapai ketuntasan; 2) Kemampuan kognitif setelah proses pembelajaran memperlihatkan bahwa 9,09% sangat baik; 18,82% baik dan 9,09% cukup dengan rerata 83,95; 3) Hasil uji peningkatan kemampuan kognitif ada pada kategori tinggi dengan nilai 0,8. Model Discovery Learning dengan bantuan alat peraga sederhana efektif mampu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik untuk materi fluida ststis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023