Pendidikan adalah suatu elemen penting yang harus ada di setiap individu. Pendidikan formal dimulai dari sekolah dasar, dimana peserta didik akan diberikan keterampilan dasar yang diperlukan untuk berpikir, dimana membaca termasuk kedalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana minat membaca permulaan siswa kelas 1 dan mengetahui pula faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca permulaan siswa kelas 1 pada SD Negeri Rorotan 07 Pagi. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara terhadap responden terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan minat membaca siswa kelas 1 SD Negeri Rorota Pagi pada umumnya memperlihatkan minat membaca permulaan n 07 P pada tingkat yang rendah, meskipun pada kenyataannya mereka berada pada level kemampuan membaca yang berbeda. Kemudian, faktor pengaruh pada minat membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Rorotan 07 Pagi secara umum terdiri atas 3 faktor, yaitu faktor lingkungan yang terdiri dari guru dan sekolah, faktor keluarga, dan faktor diri sendiri, dimana ketiga faktor ini dapat menjadi pendukung maupun penghambat minat membaca siswa kelas 1 SD Negeri Rorota Pagi.
Copyrights © 2024