Journal of Islamic Studies
Vol 1 No 5 (2024): Journal of Islamic Studies (Maret)

PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH MAHASISWA IAI AL-AZIS ANGKATAN 2017-2018

Ulfathonah, Nisa (Unknown)
Arief, Achmad Abrory (Unknown)
Fitri, Ahmad Asrof (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan instagram oleh Mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 2017-2018 dan faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah pada mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses wawancara menggunakan teknik sampel purposive sampling, dengan narasumber sebanyak 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa IAI AL-AZIS angkatan 2017-2018 telah memiliki kecenderungan dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah. Hal ini sejalan dengan uses and gratification theory yang digunakan untuk menyoroti alasan dibalik pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Dalam pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah, tentunya terdapat faktor pendukung maupun penghambat. Faktor pendukungnnya sendiri secara umum dipengaruhi oleh motivasi diri (internal) dan juga kemudahan fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mendorong aktivitas dakwah mereka. Sedangkan faktor penghambatnya sendiri didominasi oleh alasan-alasan klasik seperti kurang memiliki waktu, mood yang tidak stabil, dan terutama juga keterbatasan ilmu di mana mahasiswa seringkali takut untuk berdakwah karena belum mampu melaksanakan apa yang didakwahkan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...