Journal of Islamic Studies
Vol 1 No 6 (2024): Journal of Islamic Studies (Mei)

ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB  MADRASAH TSANAWIYAH MENURUT BSNP

Murtado, Ali (Unknown)
Ramadlan, Fikri Halfia (Unknown)
Utami, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Buku teks merupakan salah satu instrumen penting untuk menghasilkan output pendidikan yang berkualitas, karena dengan adanya buku, pelaksanaan pendidikan dapat berjalan dengan lebih lancar dan terarah. Kriteria buku teks yang baik menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), harus memenuhi empat unsur kelayakan, meliputi isi, penyajian, bahasa, dan grafik. Tujuan penelitian ini menganalisis kelayakan buku teks yang berfokus pada dua aspek yakni kelayakan isi dan bahasa pada buku berjudul “Ayo Memahami Bahasa Arab” untuk kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Dalam pengumpulan data peneliti mencari informasi kepustakaan mengenai hal-hal yang ada relevansinya dengan buku teks yang dianalisis. Data primer yaitu buku teks berjudul “Ayo Memahami Bahasa Arab” untuk kelas VII MTs dan data sekunder yaitu data-data yang diambil dari berbagai sumber pada artikel jurnal dan buku-buku serta dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi dan bahasa buku teks sudah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Buku teks tersebut sudah memenuhi kelayakan isi meliputi aspek materi, kelayakan dengan KI-KD, kelengkapan materi, keluasan materi, kedalaman materi, dan keakuratan materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...