Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 6 No. 1 (2024): Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Pelatihan bagi Guru Bahasa Arab dalam Menggunakan Educandy sebagai Media Pembelajaran di Kabupaten Kampar

Halil, Rahmatika (Unknown)
Hakmi Wahyudi (Unknown)
Hary Darmawan (Unknown)
Kamaluddin (Unknown)
Novika Dwi Anjani (Unknown)
Rika Noverma (Unknown)
Helfi Rozalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Sebuah institusi dapat menyelenggarakan Program Pelatihan Bahasa Arab dengan tujuan untuk meningkatkan kemahiran individu atau kelompok dalam bahasa tersebut. 'Membuat belajar menjadi lebih manis' adalah tagline dari aplikasi web Ecandy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru-guru bahasa Arab di Kabupaten Kampar dilatih untuk menggunakan media Educandy sebagai sumber belajar bahasa Arab. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Selain itu, strategi pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai para informan yang berperan sebagai tim pengabdian masyarakat yang menyelenggarakan pelatihan ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa para pengajar bahasa Arab di daerah Kampar dapat menghasilkan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik bagi para muridnya di dalam kelas dengan menerima pelatihan yang sangat baik ini, yang juga menawarkan banyak manfaat lainnya.Dan dengan menggunakan media Educandy ini guru bisa memberikan pembelajaran kosa kata serta kalimat Bahasa Arab menggunakan permainan yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muhad

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Muhadasah terbit sejak tahun 2018, jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan Bahasa Arab yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian bahasa arab. Jurnal Muhadasah selanjutnya akan rutin terbit secara berkala setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni ...