PT Raksasa Laju Lintang (Ralali) merupakan salah satu perusahan yang memanfatkan social media Instagram untuk membangun serta meningkatkan brand awareness. Pada pelaksanaan social media marketing di Instagram, konten-konten yang dibagikan oleh Ralali mendapatkan respon yang sedikit dari para audiens nya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh social media marketing dalam meningkatkan brand awareness di Ralali. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner online berupa google forms pada akun-akun Instagram yang aktif berinteraksi dengan konten yang dibagikan oleh Ralali di Instagram @ralalicom. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan brand awareness di Ralali. Berdasarkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh diketahui bahwa social media marketing memberikan kontribusi sebesar 60,7% dalam meningkatkan brand awareness di Ralali sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : social media marketing, brand awareness
Copyrights © 2024