Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media Power Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2     SMA Negeri  14  Makassar  semester  genap  tahun  pelajaran  2011/2012 dengan jumlah siswa 39 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi untuk aktivitas belajar dan instrumen tes hasil belajar untuk hasil belajar kognitif siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan  menggunakan  analisis deskriptif.  Hasil  penelitian  dari  siklus  I  ke siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Dimana untuk hasil belajar kognitif  peningkatan persentase siswa yang tuntas dari siklus I 51,28% menjadi 87,18% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa melalui penggunaan media Power Point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA2  SMA Negeri 14 Makassar.Â
Copyrights © 2015