Tujuan penelitian ini yakni: (1) untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi berprestasi terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru, (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis korelasional . Populasi dalam penelitian ini guru SMP Negeri se sub rayon 03 Kabupaten Demak dengan jumlah 348 orang, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 186 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Analisis data menggunakan statistic diskriptif dan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan peran kepala sekolah terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan SMP Negeri Sub Rayon 03 Kabupaten Demak yang ditunjukkan  pada taraf signifikan  sebesar 50,2 %, (2) Ada pengaruh yang  positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan SMP Negeri Sub Rayon 03 Kabupaten Demak yang ditunjukkan pada taraf signifikan  sebesar 36,2 % (3) Ada pengaruh yang positif dan sinifikan secara bersama-sama antara  peran kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan SMP Negeri Sub Rayon 03 Kabupaten Demak yang ditunjukkan pada taraf signifikan  sebesar 63,4 %Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah Peran kepala sekolah dan motivasi berprestasi yang masih belum kategori baik, atau masih cukup rendah ini perlu diperbaiki dengan cara misalnya adanya pelatihan guru profesional, guru harus banyak belajar mengenai materi dari berbagai sumber, guru lebih kreatif, adanya pendidikan karakter yang ditanamkan dalam diri serta pembiasaan-pembiasaan budaya oleh seluruh warga sekolah.Kata Kunci: peran kepala sekolah, motivasi berprestasi dan pengembangan  keprofesian berkelanjutan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024