Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pengaruh orientasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Sub Rayon 03 Demak, (2) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Sub Rayon 03 Demak, dan (3) Mengetahui pengaruh orientasi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Sub Rayon 03 Demak.Populasi dalam penelitian ini guru SMP Negeri se-Sub Rayon 03 Demak berjumlah 348 orang, dari 11 SMP Negeri, dengan sampel 186 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, meliputi analisis regresi linier dan analisis regresi berganda Untuk menganalisis data menggunakan fasilitas program SPSS Statistika versi 20,0.Hasil penelitian terdapat (1) Ada pengaruh yang  positif dan signifikan orientasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri se-Sub Rayon 03 Kabupaten Demak sebesar 0,709 atau  sebesar 70,9 %, (2) Ada pengaruh yang  positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri se-Sub Rayon 03 Kabupaten Demak sebesar 0,687 atau sebesar 68,7 %, (3) Ada pengaruh yang positif dan sinifikan secara bersama-sama antara  orientasi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri se-Sub Rayon 03 Kabupaten Demak sebesar 0,757 atau sebesar 75,7 %.Saran (1) Kepala sekolah bisa lebih berperan dalam memberikan motivasi kepada para guru tentang pentingnya meningkatkan iklim sekolah sehingga kepuasan kerja guru dapat ditingkatkan, (2) Iklim sekolah akan terkondisi dengan  tinggi jika seluruh stakeholder sekolah perlu menanamkan pendidikan karakter dan pembiasaan-pembiasaan budaya yang  tinggi kepada guru dan seluruh warga sekolah, (3) Perlu peningkatan kualitas kepala sekolah dan guru.Kata-kata kunci :  Orientasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kepuasan Kerja Guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024