Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 5, No 2 (2023)

EFEK INTERAKSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK

Laelasari, Laelasari (Unknown)
Darhim, Darhim (Unknown)
Prabawanto, Sufiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif tentang efek interaksi kemampuan representasi mahasiswa melalui pembelajaran blanded learning berbasis pendekatan realistik.  Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen jenis pretest-postest-kontrol group design. Desain penelitian menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan kelompok control non-equivalen. Kelompok eksperimen sebagai kelompok yang dikenankan perlakuan perkuliahan BLPMR dan kelompok kontrol dengan BL. Subyek penelitiannya mahasiswa semester IV, kelas eksperimen 22 orang, dan kontrol 20 orang.   Analisis data dilakukan secara kuantitatif terhadap data pretes dan postes untuk melihat pencapaian serta peningkatan kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak terdapat efek interaksi model pembelajaran (BLPMR dan BL) dan KAM (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis; terdapat efek interaksi model pembelajaran (BLPMR dan BL) dan KAM (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...