Jurnal Inovasi Pembangunan
Vol 7 No 3 (2019): December 2019

STRATEGI INOVASI KRIPIK SINGKONG AESY DALAM MENINGKATKAN NILAI TAMBAH

Wati, Srikurnia (Unknown)
Vuspitasari, Benedhikta Kikky (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Dalam menjalankan suatu usaha perlu adanya sebuah strategi agar dapat membantu dalam mengembangkan usaha. Industri merupakan usaha pengolahan dari bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual supaya mendapatkan keuntungan. Salah satu contoh upaya yang dapat di lakukan untuk mengolah barang mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual adalah membuat kripik singkong. Singkong merupakan tanaman yang mudah sekali ditanam dan ditemui dimana saja. Kripik singkong menjadi cemilan yang sangat disukai masyarakat Bengkayang, hal ini tentunya menjadi peluang usaha. Adanya suatu strategi yang diterapkan maka akan diharapkan dapat mencapai tujuan dalam menjalankan usaha. Dalam penelitian ini memiliki latar belakang adalah adanya inovasi baru pada produk baik dari segi rasa, bentuk, maupun kemasan yang diberikan oleh produk kripik singkong AESY. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui strategi inovasi apa saja yang digunakan untuk dapat meningkatkan nilai tambah. Adapun penelitian ini dilakukan di kabupaten Bengkayang. Dalam penelitian ini diambil sampel 5 responden yang merupakan pelanggan dari produk kripik singkong AESY untuk diwawancara. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dengan responden terkait strategi inovasi produk kripik singkong AESY dapat dilihat bahwa melalui strategi inovasi yang dilakukan dapat mengembangkan produk kripik singkong AESY. Adanya strategi inovasi yang diberikan produk kripik singkong AESY ini membuat pelanggan memilih rasa sesuai dengan selera masing-masing. Strategi inovasi yang dilakukan adalah inovasi rasa dan inovasi pengemasan produk.

Copyrights © 2019