Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A se-Kecamatan Rappocini

Syafiqah, Inayah Wardah (Unknown)
Arsyad, Arie Arma (Unknown)
Ramlawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini tahun ajaran 2023/2024 pada indikator keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini sebanyak 1305 peserta didik, yaitu SMPN 13 Makassar, SMPN 21 Makassar, SMPN 33 Makassar, SMPN 40 Makassar, SMPN Unismuh Makassar, SMP Telkom Makassar. Sampel dipilih dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 325 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pada materi getaran dan gelombang. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian soal secara langsung di sekolah. Data analisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini berada pada kategori sedang dengan persentase 40,58%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (Juni & Desember). JPDP menyajikan artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian terbaru tentang pendidikan guru, ...