Sosio Dialektika
Vol 9, No 1 (2024)

Efektivitas Pelatihan Anti Bullying untuk Menurunkan Potensi Bullying pada Siswa MAN 1 Kota Semarang

Bety, Beta Nur (Unknown)
Sugiarti, Rini (Unknown)
Erlangga, Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Meskipun demikian kekerasan terhadap anak yang berupa bullying masih sering terjadi baik di rumah, di lingkungan sekitar rumah bahkan di sekolah. Oleh sebab itu maka perlu ada penelitian eksperimen yang menyusun sebuah program pelatihan anti bullying terlebih pada siswa dalam kategori remaja yang cenderung melakukan sesuatu tanpa mempedulikan akibat atau perasaan.. Pelatihan atau edukasi anti bullying sangat penting karena perubahan pola pikir memberikan efek terhadap perubahan pola perilaku sehingga potensi perundungan pada siswa menjadi berkurang. Peneliti mengambil populasi di MAN 1 Kota Semarang sebagai objek penelitian. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, Tujuan penelitian ini yaitu menguji efektivitas pelatihan anti bullying untuk menurunkan potensi tingkah laku bullying pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan anti bullying terbukti efektif dapat menurunkan tingkah laku bullying pada siswa MAN 1 Kota Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sosio Dialektika as an open hall for debate and discussion on socio-political science, economics, law, Islamic education and education. Sosio Dialektika accommodates social and humanities disciplines and becomes a growing space for interdisciplinary and holistic approach to the narrow space of ...