Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 1, No 3 (2016): JULI 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH

Mayangku Serungke S.Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

The purpose of this classroom action research is to investigate the improvement of student’s learning outcomes, to know the activities of teachers and students, toknow the ability the teachers’ ability to manage classes and determine the students' response to the learning process in Optical material grade VIII 5. The subjectof this research is the students of class VIII 5 in Junior High School No. 18 Banda Aceh. The number of students in the class is 30 students. Data collection instruments used in the study are pretest and posttest, teacher and student activity sheets, teacher ability sheets in managing learning process and four questionnaires that were analyzed by using percentages test. The result showed thatstudent learning outcomes in each cycle individually with a percentage of 56.64%, 80% and 96.67%, and  40%, 60% and 90% classically increase. From this study it can be concluded that the application of RTE learning models can improve student learning outcomes, increasing the teachers and students’ activity and enhance the teacher's ability to manage learning of Optical material.Keywords :rotating trio exchange (RTE) learning model, learning outcomes Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas guru dan siswa, mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas dan mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap proses pembelajaran dalam materi Alat Optikkelas VIII 5. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMPN 18 Banda Acehdengan jumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu soal pretest dan posttest, lembar aktivitas guru dan siswa,lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket yang keempatnya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya secara individual dengan persentase 56,64%,80% dan 96,67% dan secara klasikal dengan persentase 40%,60% dan 90 %, Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RTE dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Alat Optik.Kata kunci : model pembelajaran rotating trio exchange (RTE),  hasil belajar 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...