The purpose of this study to determine determine differences in student achievement that is taught by Hands On Activity on learning simple aircraft in SMP Negeri 3 Banda Aceh. This study uses a quantitative approach. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh consisting of nine classes. The samples were carried out by simple random sampling. The data collection was done by using the initial test and final test, the processing of the data in this study using normality test, homogeneity, and hypothesis testing (t-test) is obtained t-test = 10.72 and t-table = 1.67, from the results of the Ha Ho accepted and rejected. These results indicate that there are significant differences from hand-based learning activity on the learning outcomes of simple physics at the best material in class VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui perbedaan prestasi siswa yang diajarkan dengan Hands On Activity  pada pembelajaran pesawat sederhana di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri dari 9 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal dan tes akhir, pengolahan data pada penelitian ini  menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t) yaitu didapat thitung = 10,72 dan ttabel= 1,67, dari hasil tersebut maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pembelajaran yang  berbasis hand on activity terhadap hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 3 Banda Aceh. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016