Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 1, No 3 (2016): JULI 2016

PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISDENGAN METODE EKSPERIMENTERHADAP PRESTASI BELAJARFISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERATURAN PADA SISWA KELAS VIIMTsN SAKTI PIDIE

. Miswardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2016

Abstract

 Most of the student’s assume that physics was difficult to be learned so that making student’s lees, physics subject matter that difficult to understand by student’s one of them was GLB. If we did the review of daily learning activities, the teacher commonly often using conventional method, which where the learning activities dominated by discourse method, question’s and answer’s, and did problem example. This allows student’s cannot active in learning activities. Student’s failure in learning physics happen because of the using by learning method inaccurate, consequently is need some learning method to directing the student’s to understand physics concepts with true way, especially GLB material. One of effort that can be doing  was did learning activity with constructive approach. Constructive approach was learn who prefers the experience’s and involvement of students more active in learning activity. This study aims to determine the influence of constructive approach with experiment method to physics study achievement the subject of uniform rectilinear motion at student’s VII class MTsN Sakti Pidie. The sample population in this study was all student’s VII class semester II MTsN Sakti Pidie. the number of population in this study 108 student’s were divided by 4 class consist class of VIIA = 21 student’s, VIIB =  29 student’s, VIIC = 30 student’s, and VIID = 28 student’s. Data collection was done by test technique is pretest and posttest. Based on the results of processing and analysis study obtainable the value of thitung ttabel is 4,641,684, then can be concluded that student’s learning achievement in subject of uniform rectilinear motion that be taught by constructive approach with experiment method better than student’s that has been taught with conventional approach at student’s in VII class MTsN Sakti Pidie. That influence seeing from increase in the average value of the experimental class than the average value of the control class. The average value for the experimental class is 86,17, while the average value of the control class is 75,19.Keyword :Approach, constructive, learning outcomes, natural historySebagian besar siswa menganggap fisika adalah pelajaran yang sulit sehingga kurang disukai oleh siswa, materi pelajaran fisika yang sulit dipahami oleh siswa salah satunya adalah materi GLB.Jika ditinjau dari kegiatan pembelajaran sehari-hari, umumnya guru sering menggunakan metode konvensional, di mana kegiatan pembelajaran didominasi oleh metode ceramah,tanya jawab,dan mengerjakan contoh soal, Hal ini memungkinkan siswa menjadi tidak aktif dalam belajar. Kegagalan siswa dalam mempelajari fisika dapat terjadi karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengarah siswa untuk memahami konsep-konsep fisika dengan benar, khususnya materi GLB. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengisi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis.Pendekatan konstruktivis adalah pembelajaran yang lebih mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivis dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan gerak lurus beraturan pada siswa kelas VII MTsN Sakti Pidie.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester 2 MTsN Sakti Pidie. Populasinya sebanyak 108 siswa yang terbagi dalam 4 kelas terdiri dari kelas VIIA = 21siswa,VIIB =29siswa, VIIC = 30 siswa,dan VIID = 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretest dan posttest.Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis penelitian diperoleh nilai thitung ttabelyaitu 4,64 1,684, maka dapat disimpulkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan gerak lurus beraturan yang diajarkan dengan pendekatan kontruktivis melalui metode eksperimen lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas VII MTsN Sakti Pidie. Pengaruh tersebut terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas eksperimen daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 86,17, sedangkannilai rata-rata kelaskontrol75,19.Kata kunci : Pendekatan, Konstruktivis, HasilBelajar,IPA

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...