Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12: Special Issue No. 1 (2024)

Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital

Azmi, Muhammad Naufal (Unknown)
Mansur, Hamsi (Unknown)
Utama, Agus Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Di era digital ini, guru dituntut untuk bisa memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Namun, banyak yang masih menggunakan metode konvensional yang kurang efektif, terutama untuk materi yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, diperlukan inovasi teknologi seperti Virtual Reality (VR) yang memungkinkan interaksi dengan lingkungan virtual. Dalam pembelajaran, VR menciptakan pengalaman imersif yang membuat siswa merasa sedang berada di dalam dunia virtual. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa VR dapat memvisualisasikan konsep abstrak dalam bentuk 3D interaktif, memudahkan pemahaman materi kompleks, meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kemampuan kognitif siswa, serta mendukung pembelajaran mandiri. Kesimpulannya, VR memiliki potensi besar untuk mengubah cara mendidik dan belajar di era digital. Dengan perencanaan, implementasi yang tepat, dan dukungan memadai, VR bisa dijadikan sebagai alat yang efektif untuk menciptakan pengalaman belajar menarik, interaktif, dan bermakna bagi siswa dalam proses pembelajaran, membantu mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti dalam memaksimalkan penggunaan teknologi VR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar siswa di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...