Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2016): AGUSTUS 2016

PELAKSANAAN REMEDIAL PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA TEKNIS DI KELAS RENDAH SD NEGERI LAMREUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Isna Purnama Sari (Unknown)
Bukhari. Bukhari (Unknown)
Adnan. Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2016

Abstract

Dalam kontek interaksi belajar- mengajar di kelas, salah satu ragam bahasa adalah membaca. Penelitian ini berupaya mengungkapkan pelaksanaan remedial pada siswa yang mengalami kesulitan membaca teknis di kelas rendah SD Negeri Lamreung Kabupaten Aceh Besar. Secara khusu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan remedial pada siswa yang mengalami kesulitan membaca teknis di kelas rendah SD Negeri Lamreung Kabupaten Aceh Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang guru kelas. Data diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berisi sepuluh pertanyaan sebagaimana terlampir.data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Dalam melakukan pengamatan, peneliti tidak bertindak sebagai pengamat penuh tanpa terlibat interaksi belajar mengajar. Agar data hasil pengamatan dapat terpercaya, peneliti menggunakan alat bantu perekam berupa alat tulis dan media elektronik tape recorder.Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama guru menganalisi masalah tiap- tiap siswa kemudian guru membimbing siswa secara individual dan stelah itu guru melaksnakan remedial  dan melakukan evaluasi.Simpulan penelitian ini adalah pelaksanan remedial pada siswa yang mengalami kesulitan membaca teknis di kelas rendah, guru telah melaksanakan remedial sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Guru juga sudah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan mencari alternatif bantuan. Guru sudah mengidentifikasi faktor kesulitan belajar siswa. Namun faktor lingkungan dan kurangnya perhatian orang tua membuat siswa masih kurang dalam membaca. Guru yang menetapkan dan melaksanakan remedial. Semua siswa mendapatkan perlakuan yang sama. Kata Kunci: pelaksanaan, remedial, kesulitan membaca 

Copyrights © 2016