Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 3, No. 2, Oktober 2023

Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar

Pamungkas, Aisyah Fatmawati (Unknown)
Prayitno, Harun Joko (Unknown)
Purnomo, Eko (Unknown)
Rahmah, Maulida Atsaniatu (Unknown)
Hastuti, Weni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi dan numerasi peserta didik di SD Negeri Kalangan Surakarta melalui implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Melalui pendekatan kualitatif naturalistis, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validasi menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi dan numerasi masih rendah di SDN Kalangan Surakarta, memerlukan perhatian khusus untuk peningkatannya. Program ini mencakup 13 program literasi dan numerasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti kewarganegaraan, profesionalisme, rekreasi, dan budaya. Pentingnya literasi dan numerasi tidak hanya terbatas pada mata pelajaran matematika, tetapi juga mencakup aspek lain, memungkinkan peserta didik untuk menganalisis informasi, membuat prediksi, dan mengambil keputusan. Implementasi program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta didik, membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan literasi dan numerasi di masa depan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...