BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 6 No. 1 (2024): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Leaflet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di SMP Katolik Matawoga

Bauru Awa, Regina Kresensia (Unknown)
Makaborang, Yohana (Unknown)
Makatita, Audrey Louise (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di SMP Katolik Matawoga melalui penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media leaflet. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dengan tahapan penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Katolik Matawoga Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data hasil belajar kognitif menggunakan excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara hasil belajar nilai kognitif pada siklus I nilai pre-test 57,5 dan post-test 75,35 dengan nilai rata-rata 66,07, pada siklus II hasil belajar IPA mengalami peningkatan yaitu nilai pre-test 78,57 dan post-test 91,07 dengan nilai rata-rata 84,82. Adapun hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata afektif siswa pada siklus I 64% dan pada siklus II 93% memperoleh nilai rata-rata dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media leaflet pada siswa kelas IX A dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...