Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model Mastery Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Swasta YAPIM Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah statistik inferensial deskriptif kuantitatif, serta menggunakan angket tertutup sebesar 30 item. Populasi berjumlah 102 siswa dan ditetapkan sampel sebanyak 42 orang yakni 41% dari populasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) melalui uji persyaratan analisis: diperoleh nilai uji yang positif atau nilai rxy = 0,508 rtabel(=0,05,n=42) = 0,304 maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Selanjutnya, diperoleh nilai uji hubungan yang signifikan atau thitung= 3,734 ttabel(=0,05,dk=n-2=40)=2,021 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 25,8%.3) Uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung Ftabel yaitu 13,77 1,51 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
Copyrights © 2023