Areopagus : Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen
Vol 21, No 2 (2023): September

Pengaruh Model Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Siahaan, Bina Idola (Unknown)
Naibaho, Pestaria (Unknown)
Raikhapoor, Raikhapoor (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model Mastery Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Swasta YAPIM Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah statistik inferensial deskriptif kuantitatif, serta menggunakan angket tertutup sebesar 30 item. Populasi berjumlah 102 siswa dan ditetapkan sampel sebanyak 42 orang yakni 41% dari populasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) melalui uji persyaratan analisis: diperoleh nilai uji yang positif atau nilai rxy = 0,508 rtabel(=0,05,n=42) = 0,304 maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Selanjutnya, diperoleh nilai uji hubungan yang signifikan atau thitung= 3,734 ttabel(=0,05,dk=n-2=40)=2,021 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 25,8%.3) Uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung Ftabel yaitu 13,77 1,51 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

areopagus

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal Areopagus merupakan salah satu pengelola jurnal yang menghimpun karya ilmiah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tentang Teologi, Pastoral Konseling,Musik Gerejawi, dan Pendidikan Kristen yang semuanya berhubungan dengan perkembangan dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang berkembang pada ...