Dunia pendidikan telah melakukan segenap inovasi untuk mendukung tuntutan zaman yang kian berkembang. Namun masih banyak ditemukan praktek pendidikan yang monoton, kurang adaptif dan tidak sesuai dengan karakter peserta didik sehingga mengakibatkan peserta didik kurang menikmati proses belajarnya dan motivasi belajarnya. Banyak tenaga pendidik menitik beratkan pendidikan pada pengetahuan yang dimiliki peserta didik namun mengesampingkan faktor lain seperti mentalitas, kemampuan berpikir, soft skills, kreativitas dll. Perkembangan teknologi yang massif memberikan dukungan terhadap perkembangan pendidikan. Saat ini ilmu pengetahuan tidak didapat hanya dari pendidik dan buku ajar tetapi juga dapat diperoleh dibanyak media lain seperti internet dengan berbagai platform hingga media pembelajaran inovatif. Dengan adanya berbagai media untuk belajar maka diharapkan pengajar mampu berfokus pada pembentukan karakter peserta didik dan tidak terlalu berfokus pada keilmuan yang telah dibantu media. Penelitian ini berusaha untuk membantu penelitipengembang media/konten pembelajaran untuk melakukan validasi terhadap media/konten yang dikembangkan. Tujuan pemodelan ini adalah untuk mengevaluasi media secara baik sehingga tercipta media yang benar-benar dapat membantu pembelajaran peserta didik. Penelitian ini menggunakan Group Decision Support System (GDSS) dengan metode AHP dan Topsis
Copyrights © 2024