BIMA Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 1 No 2 (2022): BIMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen

Promosi untuk Menarik Minat Pemustaka di Politeknik Negeri Banjarmasin

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Shintia, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perpustakaan merupakan sarana yang disediakan untuk memperoleh informasi, namun kesadaran akan arti penting membaca masih rendah, hal ini menyebabkan rendahnya angka kunjungan ke perpustakaan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan promosi . Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi untuk menarik minat pemustaka di perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin, dan 2 orang pustakawan.Objek dalam penelitian ini adalah promosi untuk menarik minat pemustaka di perpustakaan Politenik Negeri Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin dalam melakukan promosi untuk menarik minat pemustaka ada dua yaitu: yang pertama : perumusan (formulasi) yang meliputi identifikasi masalah, penetapan target sasaran, penyusunan rencana kerja dan perumusan anggaran. Kedua : pelaksanaan (implementasi). Adapun bentuk promosi yang dilakukan yaitu: kontak perorangan,iklan, ceramah dan renovasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Financial Management Marketing Management Human Resource Management Organizational Behavior Corporate Governance Strategic Management Operations Management Change Management Management Information Systems Management Education Tourism Management ...