Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Benufinit, Yonly Adrianus (Unknown)
Malaikosa, AdeRia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pengaruh dari diterapkannya aplikasi Quiziz sebagai media pembelajaran tujuannya yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan minat belajar peserta didik, penelitian ini juga dilatar belakangi oleh minat belajar anak pada saat KBM berlangsung yang masih tergolong sangat rendah atau minim. Kurangnya minat belajar siswa maka akan berdampak pada hasil belajar yang akan diperoleh siswa kedepan oleh karena itu media pembelajaran Quiziz dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena media pembelajaran Quiziz dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Variabel dalam penelitian ini mencakup dua variabel yaitu variabel bebas mencakup media pembelajaran Quiziz dan variabel terikat mencakup minat belajar peserta didik. Model penelitian yang digunakan yakni Systematic Literature Review (SLR) atau Tinjauan Pustaka Sistematis dengan mengkaji atau mempelajari serta menganalisis bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan tahap pre-test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kristen Tunas Gloria yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok, kelas X sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas X sebagian kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar setelah penggunaan media pembelajaran quizizz dapat dikategorikan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran quizizz memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Kristen Tunas Gloria. ABSTRACT This research discusses the effect of applying the Quiziz application as a learning media, the purpose of which is to determine whether or not there is an increase in students' interest in learning, this research is also motivated by children's interest in learning when KBM takes place which is still classified as very low or minimal. Lack of student interest in learning will have an impact on the learning outcomes that students will get in the future, therefore Quiziz learning media is used as a solution to overcome these problems, because Quiziz learning media can make students more active in the learning process. The variables in this study include two variables, namely the independent variable includes Quiziz learning media and the dependent variable includes students' interest in learning. The research model used is Systematic Literature Review (SLR) or Systematic Literature Review by reviewing or studying and analyzing how the description of the use of Quizizz learning media on Elementary School Students' Learning Interest. The research method used in this research is quantitative research with the type of experimental research using the Pretest-Posttest Control Group Design research design, with pre-test and post test stages. The population in this study were all X grade students of SMA Kristen Tunas Gloria totaling 40 students. The sample of this study was divided into 2 groups, class X as an experimental group with a total of 20 students and class X part of the control class with a total of 20 students. The data collection techniques used were questionnaires, observation sheets, and documentation. Data analysis techniques used by hypothesis testing using t-test with independent sample t-test type. The results of this study indicate that interest in learning after the use of quizizz learning media can be categorized as high. The conclusion of this study is that quizizz learning media has an influence on the learning interest of class X students of SMA Kristen Tunas Gloria.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jukanti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data Warehouse & Data Mining, E-System, Fuzzy Logic, Geographics Information System (GIS), Human & Computer Interaction, Image Processing, Information System, Mobile ...